Kamis, 03 Desember 2015

Inilah Risoles Smoked Beef Mayo, Rasanya Itu… Ngangenin!

Risoles smoked beef ini adalah salah satu jenis camilan favorit keluarga kecil saya, apalagi si sulung yang doyan banget makan risoles isi mayones. Berawal dari makanan favorit itulah, ketika beberapa teman yang berkunjung ke rumah disuguhkan risoles, mereka ketagihan. “Risoles buatan kamu lain dari risoles biasa yang aku cicip, anak-anak juga pada suka nih, yang ini rasanya benar-benar gurih, kulitnya ngga alot, isiannya itu loh yang bikin nagih, apalagi kalau gratisan hahaha. Bagi dong resep risolesnya, “ kata salah seorang teman saya. “Teh, kenapa ngga jualan risoles aja? Kan enak tuh risolesnya..” ujar beberapa teman yang mendorong-dorong saya untuk berjualan risoles. Hmmm… waktu itu mikirnya, jualan itu kan ngga boleh setengah-setengah, harus benar-benar fokus, yang produksi risolesnya siapa (soalnya kalau cuma saya sendiri) yang produksi pasti keteteran, belum ngurus dua bocah yang masih balita, mana si bungsu usianya belum genap setahun, belum bisa anteng, belum lagi harus berbagi waktu kerjaan lain ngurus agensi naskah, sepertinya akan sulit kalau menjalankan dua usaha sekaligus. Tapi, saat itu saya sisihkan dulu pikiran-pikiran yang mengganggu itu. Oke, saya akan coba bisnis risoles.

Buat beberapa sample risoles dengan isian yang berbeda-beda. Isian resep risoles yang ditawarkan beberapa varian, ada risoles smokebeef mayo, risoles ayam penyet, risoles wortel mayo, risoles bayam mayo, risoles spaghetti Bolognese, risoles spaghetti rendang, risoles pasta carbonara, risoles rogout ayam, dan risoles steak sosis bratwurst. Risoles ini dinamai Risoles Nulekker. Nulekker diambil dari dua kata, Nu yang berarti yang berasal dari bahasa Sunda, sedangkan lekker berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti enak. Berikutnya iseng-iseng posting di pesbuk, eh ternyata yang order sungguh diluar ekspektasi saya, orderan membludak. Tetangga dan teman memenuhi daftar orderan juga. Orderan pertama sampai seratusan lebih, orderan berikutnya dan berikutnya tak tertahankan lagi. Nyari-nyari SDM susah juga, pernah dibantu asisten rumah tangga di rumah hasilnya malah mengecewakan, bikin adonan kulit dadar risoles gagal maning, disuruh bagian goreng risoles eh mutung alias gosong, huhuhu… banyaklah adonan yang kebuang akhirnya. Mubazir dan rugi.

Beberapa minggu berlalu, masih berkutat dengan jualan risoles. Editan dan orderan nulis sudah pasti terganggu, kejar-kejaran waktu dengan jualan risoles, deadline jadi molor. Al, si bungsu sakit. Off segala rutinitas sementara. Banyak orderan risoles yang dicancel karena tidak tertangani. Customer banyak yang kecewa dan merengek-rengek tetap pengen dibikinin risoles, duh maaf saat itu benar-benar tidak bisa memuaskan kalian. Akhirnya, berdiskusilah dengan suami. Kita saat ini belum bisa menjalankan dua usaha sekaligus, harus dipilih salah satu dan jadi prioritas, semuanya tidak bisa dilakukan atas dasar iseng-iseng. Keputusan disepakati fokus pada literary agent saja. Nanti kalau ada waktu dan kesempatan, Al udah agak gedean, dan ada beberapa SDM yang bisa diberdayakan, mungkin bisnis risoles akan dijalankan lagi. Tapi, itu juga entah kapan…. hehehe….Noted.

Resep risoles akan saya posting dalam beberapa bagian dengan isian yang berbeda. Nah, kali ini saya akan berbagi resep membuat risoles smokedbeef mayo. Membuat risoles smokedbeef mayo tidaklah sulit, asal tahu takaran bahannya dengan tepat, risoles akan sangat mudah dibuat.  Risoles ini kalau dicocol mayones atau saus sambal sama enaknya. Tantangan dalam membuat risoles adalah membuat kulitnya. Jika adonan terlalu kental akan membuat kulit menjadi tebal dan mudah robek saat digulung, pun jika adonan terlalu encer akan membuat kulit risoles tipis dan akan robek juga saat digulung. Jadi, disarankan adonan kulit risoles harus memiliki kekentalan yang pas, tidak terlalu kental atau tidak encer.

Bahan yang digunakan untuk membuat adonan dadarnya adalah tepung terigu berprotein sedang, telur, mentega tawar cair, susu cair full cream, dan sedikit garam. Dari campuran susu inilah kenapa rasa risoles jadi sangat gurih dan sedap. Makanya, ketika jualan risoles, harga per pcs risoles yang saya jual agak mahal, Rp.7000 sampe Rp. 8000/pcs dengan ukuran jumbo. Duh, itu risoles nggak kemahalan tuh harganya? Biasanya kan seribuan atau dua ribulah… ada sih yang komen gitu hihi… Ga apa-apa, yang komen gitu karena belum tahu rasa dan bahan apa saja yang digunakan untuk membuat risoles. Sebetulnya kalau untuk lebih hemat lagi, susu cair full cream bisa diganti dengan air biasa, namun rasanya tidak akan seenak menggunakan susu. Atau jika ingin tetap ada rasa gurih dari susu, susu bisa dicampur dengan air biasa. Untuk lapisan risoles, Anda bisa berhemat penggunaan telur dengan menambahkan campuran air ke dalamnya. Semua bahan adonan dadar risoles dicampur dalam wadah, pindahkan dalam blender lalu blend agar adonan halus merata. Kalau ngga ada blender, manual aja, aduk semua bahan dalam wadah hingga halus dan tidak berbutir-butir. Tutup dengan kain bersih dan diamkan di suhu ruang adonan yang telah diblend sekitar 15 menit.

Siapkan wajan anti lengket untuk membuat crepesnya. Atau Anda bisa menggunakan loyang cetakan khusus untuk membuat crepes risoles atau kulit lumpia, saya menggunakan loyang ini di rumah. Lebih menghemat waktu, hasilnya rata semua, muluuuuusss. Cara pakainya gampang banget, loyang tinggal ditempelkan pada adonan, lalu panggang loyang di atas kompor, crepes yang matang akan terlepas sendiri dan yang pasti ngga akan gosong. Berbeda dengan wajan anti lengket, Anda harus pandai meratakan adonan agar merata sempurna.

Gunakan api sedang ketika menggoreng risoles dan gunakan minyak yang banyak. Anda bisa menggunakan deep fry, wajan ini sangat membantu menyaring butiran-butiran tepung panir yang terlepas saat penggorengan. Tetapi jika alat ini tidak ada di rumah Anda, dan  Anda hendak menggoreng risoles dalam jumlah banyak, siapkan dua wajan. Ketika wajan yang telah dipakai banyak tepung panir yang terlepas, pindahkan minyak dan saring dalam wajan satunya lagi. Hal ini agar hasil risoles mulus merata. Berbeda dengan deep fry, Anda tak perlu cape-cape memindahkan minyak lagi karena sudah ada saringannya.

alt Risoles Smoked Beef Mayo

Ingin risoles lebih sehat? Bisa. Risoles no fried lebih sehat, tidak digoreng tapi dipanggang. Risoles panggang, caranya, sangrai terlebih dahulu tepung panirnya sampai agak kecoklatan warnanya. Risoles yang telah diberi isian, masukkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan di tepung panir yang telah disangrai, kemudian dipanggang sekitar 10 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Panir disangrai terlebih dahulu agar nanti hasilnya memiliki warna coklat yang cantik, jika tidak disangrai hasilnya akan pucat. Selain tepung panir, Anda juga bisa menggunakan tepung roti. Risoles bisa disimpan di freezer, setelah diberi tepung panir/roti, save di wadah tertutup kedap udara, bisa tahan sampai 2 minggu. Kalau sewaktu-waktu pengen makan risoles tinggal goreng aja, risoles yang di freezer keluarkan, diamkan dalam suhu ruang, tunggu hingga risoles tidak membeku lagi, baru digoreng. Berikut resep risoles smokedbeef mayo nya ya, cekidot!

Bahan:
Minyak untuk menggoreng

Isi:
2 lembar Smoked beef
100 gram keju cheddar parut
2 buah telur rebus, potong kotak atau cacah kasar
100 gram mayonaise

Kulit:
200 gram tepung terigu protein sedang
2 telur
1 sdt garam
400 ml susu cair full cream
1 sdm mentega tawar, lelehkan

Lapisan:
1 butir telur ayam, kocok lepas bersama 5 sdm air
150 gram tepung roti/panir

Cara Membuat:
  1. Kulit: Dalam wadah/mangkuk campur tepung terigu, telur, garam, dan mentega tawar yang telah dilelehkan. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga adonan rata dan lembut. Anda juga bisa menggunakan blender agar adonan halus merata dan tidak berbutir-butir.
  2. Panaskan wajan dadar di atas api kecil, olesi sedikit margarin. Buat dadar tipis-tipis. Masak hingga matang, angkat. Lakukan hingga adonan habis. Selain wajan anti lengket, Anda bisa menggunakan Loyang khusus crepes/risoles. Tempelken Loyang pada adonan lalu panggang di atas kompor.
  3. Setelah kulit dadar siap, bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, dan parutan keju, lem ujungnya dengan sedikit telur, lipat seperti lumpia dan sisihkan.
  4. Celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti/panir hingga terbalut rata.
  5. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga risoles matang. 

IBX58BCE5AE39DDA

Tim Dapurnulekker

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Blogger Perempuan
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic